Wednesday, March 10, 2010

bubur pedas

BUBUR PEDAS
Bubur pedas atau biasa di sebut bubor pedas dengan logat melayu, melayu Kal-Bar khususnya. masakan ini merupakan masakan yang unik meskipun banyak masakan yang sama atau sejenis dan bahkan banyak daerah atau negara tetangga yang mengakui ini sebagai makanan khas daerahnya. Bagi saya bubur pedas di Kal-Bar memiliki cita rasa tersendiri yang membedakan dengan masakan yang sejenis, yang ada di daerah lain. Mengapa demikian?
Hal ini karena bumbu dan bahan dasar dari bubur pedas sangat beragam. Mulai dari sayuran-nya yang beraneka ragam. Ada pakis yang menjadi ciri khas masakan ini, kecambah, cangkok manis, kangkung, kacang panjang, wortel, ubi jalar, kentang, dan lainnya yang tidak dapat saya tuliskan di sini. Semua sayuran itu di potong kecil-kecil. Bahan dasar yang tidak boleh di lupakan dalam masakan ini adalah beras sangrai yang di giling halus, inilah yang menjadi bubur nantinya. kemudian campuran lainnya adalah tetelan sapi, ini membuat bubur pedas lebih gurih. selanjutnya bahan tambahan yang menambah ciri khas bubur pedas adalah daun kesum. wangi daun ini membuat bubur pedas memiliki aroma berbeda dan menambah rasa sensasi berbeda dari masakan lainnya. tambahan yang tak kalah penting yaitu ikan teri dan kacang goreng. hmmmmm lembutnya bubur pedas yang gurih dan di padu dengan aneka bahan-bahan di lengkapi dengan kacang dan ikan teri goreng membuat rasa masakan ini menendang tenggorokan, dan menggoyang lidah saat dimakan. siapa-pun yang memakan bubur pedas seolah tak ingin berhenti memakannya meskipun sudah kenyang. Apa sich penyebabnya?
cara makan
cara makan bubur pedas maksudnya adalah bagaimana membuat sensasi nikmat bubur pedas tersebut menjadi lebih nikmat lagi. Yaitu dengan menambah kan perasan jeruk sambal, serta kecap secukupnya dan sambal cair yang pedas. campuran semua rasa, dari gurih, asam manis, pedas. memberikan sensasi tersendiri saat menyantap masakan ini. Seolah-olah membuat kita kecanduan ingin memakan hingga tetes terakhir. Anda ingin mencoba? luangkanlah waktu anda untuk jalan2 ke Kal-Bar dan rasakan sensasi dari masakan ini!!!

bubur pedas selesai di masak











bubur pedas siap di santap hmmmm yummmy










0 comments: