Saturday, August 21, 2010

es lidah buaya

bulan suci ramadhan adalah bulan yang di nanti umat muslim di dunia, karena di bulan ini seluruh umat muslim yang ada di dunia berpuasa menahan nafsu yang ada pada diri mereka, baik nafsu makan dan minum atau nafsu amarah. di bulan ini pula umat muslim meningkatkan ibadah mereka sebagai wujud kesyukuran atas nikmat Allah yang telah diberikan.
saat bulan puasa tiba berbagai macam pedagang berjamuran menjajakan dagangan mereka. mulai dari pedagang pakaian hingga makanan hampir ada di setiap pinggiran jalanan di tiap-tiap kota yang mayoritas muslim. saat ini saya akan mengajak pembaca budiman untuk berwisata kuliner di bulan ramadhan. thema kita kali ini adalah es lidah buaya. seperti apa es lidah buaya itu? apa saja bahannya dan bagaimana cara membuatnya?
es lidah buaya merupakan es yang unik ketika saya berbuka puasa bersama teman sejawat di sebuah cafe di jalan ahmad yani pontianak masing-masing dari kami memesan semangkuk bakso dan segelas es lidah buaya. lidah buaya atau aloevera merupakan produk agraris khas pontianak. berbuka puasa dengan minuman ini cukup menyegarkan tengorokan. selain itu minuman ini terbilang menyehatkan karena Lidah buaya atau Aloevera adalah salah satu tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman ini sudah digunakan bangsa Samaria sekitar tahun 1875 SM. Bangsa Mesir kuno sudah mengenal khasiat lidah buaya sebagai obat sekitar tahun 1500 SM. Berkat khasiatnya, masyarakat Mesir kuno menyebutnya sebagai tanaman keabadian.Seorang peracik obat-obatan tradisional berkebangsaan Yunani bernama Dioscordes, menyebutkan bahwa lidah buaya dapat mengobati berbagai penyakit. Misalnya bisul, kulit memar, pecah-pecah, lecet, rambut rontok, wasir, dan radang tenggorokan. lidah buaya juga mengandung anti oksidan, menurut Dr. Freddy, beberapa unsur mineral yang terkandung dalam lidah buaya juga ada yang berfungsi sebagai pembentuk antioksidan alami. Misalnya vitamin C, vitamin E, dan zinc.
cara membuat es lidah buaya adalah sebagai berikut
Bahan:
2 bh lidah buaya ukuran besar
sirup berwarna merah/ hijau siap pakai
es batu
cara membuat
1. Siapkan Lidah buaya yang sudah besar - besar
2. Kupas semua kulit luarnya.
3. Potong kecil - kecil atau sesuai selera
4. Masukkan kedalan air dan dicuci hingga 3 kali, sampai bersih.
5. Siapkan panci untuk memasak air, biarkan air hingga mendidih dan beri gula sesuai selera
6. Setelah gula larut dalam air masukkan lidah buaya yang sudah dicuci tadi.

7. Masak sekitar 15 menit.bisa diminum hangat - hangat atupun di beri es ( dimasukkan lemari es)

berbuka puasa dengan es lidah buaya memang menyegarkan selain itu juga menyehatkan. es ini juga dapat di gunakan untuk menu idul fitri
selamat mencoba!!!

0 comments: