Sunday, May 23, 2010

MANAJEMEN BIAYA KAPITAL ( COST OF CAPITAL )

Sebuah perusahaan apa bila produktifitasnya ingin tetap berlanjut haruslah bisa mengelola keadaan financialnya. Maka dari itu dibutuhkan kebijaksanaan-kebijaksanaan yang berhubungan dengan dana atau sumber dana, agar produktifitas perusahaan tetap berjalan. Dalam kebijaksanaa sumber dana itu sendiri terdapat banyak cara atau kebijakan.

Kebijakan-kebijakan tersebut sangat membantu perusahaan seperti, biaya kapital atau cost of capital, struktur kapital, politik deviden, dan pasar modal. Kebijaksanaan tersebut akan sangat diperlukan khusunya bagi perusahaan yang bonafit dan atau perusahaan yang ingin menambah tingkat produktifitasnya. Karena biaya kapital ini akan dipakai untuk menentukan berapa besar biaya yang di perlukan atau yang di tanggung oleh perusahaan secara riil untuk memperoleh modal dari berbagai sumber.

Dalam makalah singkat ini akan penulis bahas salah satu kebijaksanaan sumber dana yaitu biaya kapital. Apa devinisi cost of capital tersebut? Apa saja aspeknya? Terdiri dari apa saja modal itu sendiri?

Definisi modal dan cost of capital (biaya modal)

Modal adalah dana yang digunakan untuk membayai aktiva dan operasi perusahaan. Modal terdiri dari hutang, saham biasa, saham preferen, dan laba ditahan[1]. Sedangkan biaya modal atau cost of capital (COC) memiliki banyak definisi. Menurut Drs. Indriyo Gitosadurmo biaya modal atau kapital sebenarnya merupakan batas tingkat hasil minimum yang harus di capai oleh suatu infestasi agar nilai perusahan dapat meningkat[2]. COC adalah yang menghubungankan keputusan investasi jangka panjang dan kekayaan pemilik perusahan[3]. COC digunakan untuk memutuskan apakah investasi yang diajukan akan menaikkan atau menurunkan harga saham perusahaan[4]. COC adalah return yang harus diterima dari investas suatu proyek agar dapat menjaga nilai pasar saham[5]. COC adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapat modal[6]. Contoh sederhana jika anda meminjang uang di bank tentu ada bunganya. Bunga itu adalah Cost of Capital[7].

Aspek-aspek biaya kapital

biaya kapital memiliki tiga aspek penting, pertama bukan merupakan biaya yang sesungguhnya. Kedua menunjukan tingkat minimum dari keuntungan. Ketiga terdiri dari tiga komponen[8].

1. Bukan biaya yang sesungguhnya

Biaya kapital sebenarnya merupakan tingkat minimum hasil-hasil yang harus dicapai proyek infestasi dari suatu perusahaan[9].

2. Menunjukan tingkat minimum dari keuntungan

Apabila keuntungan yang diperoleh tidak lebih besar atau sama dengan modal itu sendiri maka nalai perusahaan akan turun, yang dapat dilihat di bursa saham. Oleh kerena itu biaya kapital ini merupakan minimum hasil yang harus dicapai agar nilai perusahaan tetap stabil atau untuk meningkatkan nilai perusahaan dengan rencana investasi yang dapat menghasilkan return melebihi tingkat minimum.

3. Tiga komponen biaya kapital

a. Tingkat hasil dalam keadaan tanpa resiko

b. Premi resiko usaha

c. Premi resiko finansial

Pembagian jenis modal, faktor penetu, dan asumsinya[10]

Biaya modal merupakan konsep penting dalam analisis investasi karena dapat menunjukkan tingkat minimum laba investasi yang harus diproleh dari investasi tersebut. Jika investasi itu tidak dapat menghasilkan laba investasi sekurang-kurangnya sebesar biaya yang ditanggung maka investasi itu tidak perlu dilakukan. Lebih mudahnya, biaya modal merupakan rata-rata biaya dana yang akan dihimpun untuk melakukan suatu investasi. Dapat pula diartikan bahwa biaya modal suatu perusahaan adalah bagian (suku rate) yang harus dikeluarkan perusahaan untuk memberi kepuasan pada para investornya pada tingkat risiko tertentu.

Biaya modal yang tepat untuk semua keputusan adalah rata-rata tertimbang dari seluruh komponen modal (Weighted Cost of Capital atau WACC). Namun tidak semua komponen modal diperhitungkan dalam menentukan WACC. Hutang dagang (accounts payable) tidak dperhitungkan dalam perhitungan WACC. Hutang wesel (notes payable) ata hutang jangka pendek yang berbunga (Short-term Interest-bearing debt) dimasukkan dalam perhitungan WACC hanya jika hutang tersebut merupakan bagian dari pembelanjaan tetap perusahaan bukan merupakan pembelanjaan sementara.

Pada umumnya hutang jangka panjang dari modal sendiri merupakan unsur untuk menghitung WACC. Dengan demikian kita harus menghitung: 1) Biaya Hutang (cost of debt), 2) Biaya laba ditahan (cost of retained earning), 3) Biaya saham Biasa Baru (cost of new common stock), dan 4) Biaya Saham Preferen (cost of preferred stock). Biaya modal harus dihitung berdasarkan suatu basis setelah pajak (after tax basis) karena arus kas setelah pajak adalah yang paling relefan untuk keputusan investasi.

Faktor-Faktor Yang Menentukan Biaya Modal[11]

Variabel-variabel penting yang mempengaruhi biaya modal antara lain:

1. Keadaan-keadaan umum perekonomian.

Faktor ini menentukan tingkat bebas risiko atau tingkat hasil tanpa risiko.

2. Daya jual saham suatu perusahaan.

Jika daya jual saham meningkat, tingkat hasil minimum para investor akan turun dan biaya modal perusahaaan akan rendah.

3. Keputusan-keputusan operasi dan pembiayaan yang dibuat manajemen.

Jika manajemen menyetujui penanaman modal berisiko tinggi atau memanfaatkan utang dan saham khusus secara ekstensif, tingkat risiko perusahaan bertambah. Para investor selanjutnya meminta tingkat hasil minimum yang lebih tinggi sehingga biaya modal perusahaan meningkat pula.

4. Besarnya pembiayaan yang diperlukan.

Permintaan modal dalam jumlah besar akan meningkatkan biaya modal perusahaan.

Asumsi-Asumsi Model Biaya Modal[12]

Asumsi-asumsi dalam model biaya modal diantaranya:

1. Risiko bisnis bersifat konstan.

Risiko bisnis merupakan potensi tingkat perubahan return atas suatu investasi. Tingkat risiko bisnis dalam suatu perusahaan ditentukan dengan kebijakan manajemen investasi. Biaya modal merupakan suatu kriteria investasi yang hanya tepat untuk suatu investasi yang memiliki risiko bisnis setingkat dengan aktiva-aktiva yang telah ada.

2. Risiko keuangan bersifat konstan.

Risiko keuangan didefinisikan sebagai peningkatan variasi return atas saham umum karena bertambahnya pemanfaatan sumber pemiayaan hutang dan saham istimewa. Biaya modal dari sumber individual merupakan fungsi dari struktur keuangan berjalan.

3. Kebijakan dividen bersifat konstan.

Asumsi ini diperlukan dalam menaksir biaya modal yang berkenaan dengan kebijakan dividen perusahaan. Asumsi ini menyatakan bahwa rasio pembayaran dividen (dividen/laba bersih) juga konstan.

Biaya Hutang[13]

Biaya hutang dapat didefinisikan sebagai bagian yang harus diterima dari suatau investasi agar tingkat hasil minimum para kreditor terpenuhi. Jika perusahaan menggunakan obligasi sebagai sarana untuk memperoleh dana dari hutang jangka panjang, maka biaya hutang adalah sama dengan Kd atau Yield To Maturity (YTM) yaitu tingkat keuntungan yang dinikmati oleh pemegang atau pembeli obligasi. Biaya hutang dapat dicari dengan cara:

n

Harga obligasi = S I + M

t=1 (1+Kd)t (1+Kd)n

Biaya hutang ini merupakan biaya hutang sebelum pajak (pre-tax cost). Dalam menghitung WACC, yang relevan adalah biaya hutang setelah pajak (after-tax cost debt).

Biaya hutang sesudah pajak = Biaya hutang sebelum pajak x (1 - tingkat pajak)

Biaya Laba Ditahan[14]

Biaya laba ditahan adalah sama dengan Ks atau Tingkat keuntungan yang disyaratkan investor pada saham biasa perusahaan yang bersangkutan. Ada 3 cara untuk menghitung Ks yaitu:

1. Pendekatan CAPM (Capital Asset Pricing Model).

K

Ks = krf + (kM – krf) . bi

s = Bunga bebas resiko + premi resiko

dimana:

Ks = tingkat keuntungan yang disyaratkan pada saham perusahaan i,

krf = bunga bebas resiko,

kM = tingkat keuntungan yang disyaratkan pada portofolio pasar/index pasar,

bi = beta (ukuran risiko sistematis) saham perusahaan i

2. Pendekatan Discounted Cash Flow (DCF) model.

Po = D1 + D2 +....+ D¥

(1+Ks)1 (1+Ks)2 (1+Ks)¥

Jika dividen bertumbuh secara konstan, kita gunakan Gordon Model:

Po = D1

Ks – g

maka Ks = D1 + g

Po

dimana:

D1 = dividen akhir periode

Po = harga saham pada wal periode

g = tingkat pertumbuhan dividen

3) Pendekatan Bond-Yield-Plus-Risk Premium

Ks = tingkat keuntungan obligasi perusahaan + premi risiko

Membeli saham biasa pada umumnya lebih berisiko daripada membeli obligasi yang memberikan penghasilan yang tetap dan relatif pasti. Oleh karena itu investor yang membeli saham biasa mengharapkan suatu premi risiko diatas tingkat keuntungan obligasi. Premi risiko ini besarnya tergantung pada kondisi perusahaan dan kondisi perekonomian.

Biaya Saham Biasa Baru[15]

Biaya saham biasa baru atau external equity capital (Ke) lebih tinggi dari biaya laba ditahan (Ks) karena penjualan saham baru memerlukan biaya peluncuran/emisi saham atau flotation cost. Flotation cost akan mengurangi penerimaan perusahaan dari penjualan saham.

Gordon model dengan memperhitungkan flotation cost:

Po (1 - F) = D1

Ke - g

maka: Ke = D1 + g

Po (1-F)

dimana

Ke = biaya saham biasa baru

Po = harga jual saham

F = flotation cost

D1= dividen saham pada t = 1

Flotation cost adjustment = DCF Ke-DCF Ks

g = dividend growth

Perlu diketahui bahwa untuk menaksir Ke hanya menggunakan 1 metoda yakni discounted cash flow sedangkan untuk menghitung Ks digunakn 3 metoda. Tapi Ke dapat dihitung pula dengan metoda CAPM dan Bond-Yield-plus-Risk premium dengan menggunakan rumus:

Ke = Ks + flotation cost adjustment

Biaya Saham Preferen[16]

Biaya saham preferen adalah tingkat keuntungan yang dinikmati pembeli saham preferen atau Kp.

Kp = Dp

Pn

dimana

Kp = biaya saham preferen

Dp = dividen saham preferen tahunan

Pn = harga saham preferen bersih yang diterima perusahaan penerbit (setelah dikurangi biaya peluncuran saham atau flotation cost)

Weighted Average Cost Of Capital

S

WACC = Ka = wd.Kd (1-T) + wp.Kp + Ws (Ks atau Ke)

etelah membahas komponen mopdal secara individu baru menghitung biaya modal secara keseluruhan yaitu menghitung Weighted Average Cost of Capital (WACC) dengan rumus:

dimana

WACC = biaya modal rata-rata tertimbang

wd = persentase hutang dari modal

wp = persentase saham preferen dari modal

Ws = persentase saham biasa atau laba ditahan dari modal

Kd = biaya hutang

Kp = biaya saham preferen

Ks = biaya laba ditahan

Ke = biaya saham biasa baru

T = pajak (dalam persentase)

Wd, Wp, Ws didasarkan pada sasaran struktur modal (capital structure) perusahaan yang dihitung dengan nilai pasarnya (market value). Setiap perusahaan harus memiliki suatu struktur modal yang dapat meminimumkan biaya modal sehingga dapat memaksimumkan harga saham.

Skedul Marginal Cost Of Capital[17]

Marginal Cost of Capital (MCC) adalah biaya memperoleh rupiah tambahan sebagai modal baru. Pada umumnya, biaya marjinal modal akan meningkat sejalan dengan meningkatnya penggunaan modal. Titik dimana MCC naik tersebut disebut Break Point.

Break point = jumlah laba ditahan

bagian modal sendiri dalam struktur modal

Skedul MCC dengan depresiasi[18]

Selain saham biasa baru dan laba ditahan, perusahaan dapat pula memanfaatkan depresiasi. Depresiasi biasanya ditunjukkan untuk mengganti aktiva yang telah habis usianya. Tapi bagi perusahaan depresiasi ini merpakan arus kas yang dapat dipergunakan untuk investasi pada aktiva perusahaan (reinvesment). Dengan demikian, depresiasi dapat memperpanjang break point atau menunda kenaikan WACC. Biaya penggunaan dari depresiasi (cost of depreciation) adalah sebesar WACC sebelum perusahaaan menggunakan dana yang berasal dari emisi saham baru.

Langkah-langkah membuat kurva bobot biaya marjinal modal yaitu:

1. Menentukan campuran pembiayaan

2. Memperkirakan kapan bobot biaya modal akan meningkat

3. Hitung biaya masing-masing sumber secara sendiri-sendiri

4. Mencari bobot biaya marjinal modal

5. Membandingkan hasil-hasil investasi dengan bobot biaya

Kesimpulan

Biaya kapital bukan merupakan biaya yang sesungguhnya namun iya merupakan batasi minimum dari suatu proyek investasi yang mani tiu menunjukan nilai dari suatu perusahaan apabila hasilnya tidak besar atau paling tidak sama dengan modal maka nilai dari suatu perusahaan tersebut turun. Modal dalam perusahaan terdiri dari dari hutang, saham biasa, saham preferen, dan laba ditahan. Aspek aspek biaya modal adalah biaya kapital bukan biaya yang sesungguhnya, menunjukan tingkat minimum dan memiliki tiga komponen yaitu: tingkat hasil usaha dalam keadaan tanpa resiko, premi resiko usaha, premi financial.

Referensi

http://blogelytekonomi.blogspot.com/2008/02/biaya-modal.html

http://id.shvoong.com/business-management/1911801-cost-capital-atau-biaya-modal/

Gito sudarmo, Indriyo. Drs, M.com, manajemen keuangan edisi ketiga BPFE yogyakarta.



[2] . Manajemen Keuangan edisi 3, Drs, Indriyo Gitosadurmo, M.com hal 199

[4] . ibid

[5] . ibid

[6] . ibid

[7] . ibid

[8] . Manajemen Keuangan edisi 3, Drs, Indriyo Gitosadurmo, M.com hal 199-200

[9] . Manajemen Keuangan edisi 3, Drs, Indriyo Gitosadurmo, M.com hal 199

[11] . ibid

[12] . ibid

[13] . ibid

[14] . ibid

[15] . ibid

[16] . ibid

[17] . ibid

[18] . ibid

0 comments: