Friday, July 2, 2010

MEMANFAATKAN WAKTU LIBURAN

Memanfaatkan waktu liburan

Oleh: Adib Susilo / Mu’amalat 6

Setelah menempuh ujian yang berat selama beberapa hari, tiba lah waktunya untuk melepas penat sejenak dari kesibukan yang ada. Khsusunya buat temen-temen yang masih di bangku sekolah, baik SD, SMP, SMA, dan yang sederajat. Hari libur adalah hari yang paling di nanti, dimana pada hari-hari libur mereka dapat bersenang-senang, rekreasi, jalan-jalan, dan lain sebagainya. Setelah disibukkan dengan aktivitas sekolah dan tugas-tugas rumah dari guru, hari liburlah saat yang tepat untuk melepas lelah.

Namun demikian tidak semua dari kita dapat memanfaatkan waktu liburan dengan tepat. Mungkin ada yang mengisi waktu liburannya hanya dengan tidur-tiduran di kamar, hal ini kurang baik karena akan membuat tubuh menjadi lemas dan menumbuhkan rasa malas. Ada pula yang hanya bermain game seharian penuh, ini juga kurang baik karena banyak hal yang lebih bermanfaat dapat dilakukan dan merupakan tabzir waktu. Juga ada yang menghabiskan waktu liburannya dengan hanya berjalan-jalan untuk menghabiskan waktu sepanjang hari, hal ini juga termasuk tabzir waktu dan bahkan tabzir tenaga untuk hal yang kurang bermanfaat.

Dalam Islam waktu merupakan hal yang sangat berharga. Karena begitu berharganya waktu, Allah-pun bersumpah di dalam Al-Qur’an atas nama waktu. Demi masa, demi waktu dhuha, demi waktu fajar, demi waktu malam, dan masih banyak lagi. Begitu berharganya waktu di dalam ajaran islam. Sehingga setiap detik waktu yang kita lewati akan di pertanggung jawabkan di akhirat kelak. Rasul sendiri juga mengingatkan kepada umat muslim untuk menjaga waktu yang 5 dari 5 waktu lainnya, yaitu: muda sebelum tua, sehat sebelum sakit, lapang sebelum sempit, kaya sebelum miskin, dan hidup sebelum mati.

Karena itu setiap waktu yang ada harus di gunakan untuk hal yang bermanfaat. Karena waktu termasuk dalam nikmat Allah dan cara mensyukurinya adalah dengan menggunakan waktu tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat. Rasul bersabda: “dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu didalamnya, yaitu kesehatan dan waktu luang ( H.R. Bukhari )

Begitu pula waktu liburan meskipun waktu untuk melepas lelah, hendaklah waktu liburan ini di manfaatkan untuk hal-hal yang berguna. Agar waktu tersebut tidak terbuang percuma, dan menjadi sia-sia. Lalu bagaimana cara memanfaatkan waktu liburan agar tidak terbuang percuma dan tidak termakan oleh hal-hal yang tidak bermanfaat? Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu liburan dengan hal-hal yang bermanfaat. Mari kita simak bersama beberapa bermanfaat dalam mengisi waktu luang.

Rekreasi bersama keluarga

Rekrasi bersama keluarga sangat bermanfaat untuk menambah keakraban di dalam kehidupan berkeluarga. Sehingga orang tua dapat mengetahui apa-apa saja keinginan anak dan dapat mengarahkannya agar tidak tersesat. Dan rekreasi ini pun tidak hanya sekedar rekrasi belaka tapi juga bisa rekreasi ke tempat-tempat yang edukatif seperti kebun binatang, taman bermain anak, tempat-tempat bersejarah, dan lain sebagainya. Sehingga liburan tidak hanya melepas penat, tapi bisa rekreasi, sekaligus belajar.

Silaturahmi kerumah keluaraga dan kerabat

Hal ini juga bermanfaat untuk menumbuhkan rasa ukhuwah yang tinggi khususnya dalam keluarga. Jika dalam masa belajar seseorang disibukkan dengan kegiatan-kegiatan sekolahnya maka saat liburan adalah saat yang tepat untuk mengunjungi sanak saudara. Rasul bersabda: “ barang siapa yang ingin luaskan rizkinya maka hendaklah bersilaturahmi “.

Memanfaatkan hobi

Masa liburan adalah masa yang tepat untuk memanfaatkan hobi dan bahkan dapat menghasilkan uang dari hobi tersebut, seperti memasak waktu liburan adalah waktu yang tepat untuk mengasah kemampuan dan mencoba kehebatan memasak. Dan hasil masakan tersebut jika layak jual akan dapat menghasilkan tambahan rizky.

Membaca buku

Bagi yang gemar membaca waktu liburan adalah waktu yang tepat untuk melahap buku-buku bacaan yang bermanfaat dan edukatif. Jika mungkin pada waktu sekolah disibukkan dengan buku-buku pealajaran, maka pada waktu liburan inilah waktunya untuk membaca buku-buku yang lain. Mungkin bisa pergi ke perpustakaan atau membaca buku di rumah sendiri.

Mencharge hati

Waktu liburan yang paling bermanfaat adalah dengan mencharge hati. Yaitu menambah porsi ibadah yang biasa telah kita lakukan. Bisa dengan menambah waktu shalat dhuha, tahajud, dan shalat sunat lainnya. Dapat pula mengisi waktu liburan dengan memperdalam pengatahuan agama dengan mempelajari hukum-hukum islam dan tauhid. Dan akan lebih baik lagi jika dapat menghafal Al-Qur’an pada masa liburan. Sehingga liburan tidak hanya bermanfaat, tapi juga dapat pahala yang berlipat.

Nah sekarang bagaimanakah kita mengatur waktu tersebut agar semua kegiatan yang kita lakukan tidak monoton? Cara paling mudah adalah dengan membuat schedule atau jadwal kegiatan dalam liburan. Jadi dalam masa liburan target apa saja yang ingin diraih di tulisakan di secarik kertas, lalu kapan kegiatan tersebut akan dilaksanakan. Dan akan lebih mudah lagi jika jadwal tersebut berurutan sesuai dengan tanggal, hari dan bahkan waktu pelaksanaan kegiatna tersebut.

Sehingga waktu liburan dapat di isi dengan kegiatan yang bermanfaat dan tidak membuang percuma waktu yang ada. Dan kegiatan yang monoton yang dapat menimbulkan rasa jenuh dan bosan dapat dihindari.

0 comments: